Kamis, 19 Juni 2008

Berbicara Blues (Part 1)

Musik blues adalah musik yang punya banyak pandangan sosiologis yang lebih luas dari sekedar musik tradisional kulit hitam pasca perang di Amerika Selatan. Kata ‘blue’ dianggap mewakili pikiran melankolis atau depresi di era Elizabeth. Sejarah musik blues bagi bangsa negro disebarkan sejak tahun 1860.
Para budak bangsa Afrika dan Eropa dahulu banyak menyanyikan lagu-lagu blues yang liriknya menuturkan tentang penderitaan mereka. Semangat Blues kemudian berkembang menjadi sapaan saat mereka berada di ladang agar mereka kuat menghadapi kesengsaraan hidup.
Pendapat lain ada yang menyebutkan bahwa blues adalah hal maskulin (meskipun ada penyanyi blues wanita). Kehidupan di penjara Amerika Selatan dianggap sebagai penyumbang tradisi blues saat para napi menjalani hukuman. Pengurus penjara dan gang kemudian juga dikenal sebagai bluesmen.
Beberapa ‘bluesologis’ mengatakan bahwa lagu blues yang pertama kali ditulis adalah “Dallas Blues” dan dipublikasikan pada tahun 1912 oleh Hart Wand, violinis asal Oklahoma City. Bentuk blues awalnya populer pada 1911-1914 oleh komposer kulit hitam W.C. Handy. Namun bentuk musik dan puisi blues terbentuk sekitar tahun 1910. Blues instrumental juga juga baru direkam sekitar 1913. Saat itu blues juga banyak mempengaruhi musik jaszz yang sedang berkembang. Jazz sendiri dianggap sebagai jalan blues agar bisa masuk dapur rekaman, karena itu kemudian disimpulkan bahwa keduanya saling berpengaruh dan kemudian menjadi mainstream musik pop.
Selama dekade 1930-1940an musik blues berkembang ke arah utara berbarengan dengan migrasinya banyak kult hitam ke selatan dan dan bergabung dengan big-band jazz. Blues seakan dipersenjatai dengan munculnya gitar listrik pada saat itu. Pada awal 1960, para bluesmen pinggiran ditemukan oleh pemuda-pemuda dan musisi Amerika serta Eropa. Banyak band berbasis blues seperti Rolling Stones, Yardbirds, John Mayall’s Bluesbreakers Crem mengusung blues ke pendengar kulit putih. Sesuatu yang berasal dari kulit hitam bisa berpengaruh ke kulit putih. Sejak saat itu pula rock mulai menjalani blues. Misalnya gitaris Eric Clapton, Jimmy Page, Jimi Hendrix, dan Eddie Van Halen. Generasi blues yang lebih baru seperti Robert Cray dan Steve Ray Vaughan telah memakai teknik yang lebih tinggi dan luar biasa.

0 komentar: